Bajoel Update :

Iklan Banner

Iklan Banner
Hilyan Collection

TERMS OF REFERENCE Pelatihan Jurnalis " Komisariat Majapahit "


Jurnalis adalah bidang disiplin ilmu dalam mengumpulkan, memastikan, melaporkan, dan menganalisis informasi yang dikumpulkan mengenai fenomena masyarakat terdahulu, sekarang dan masa yang akan datang. Baik sesuatu hal yang sifatnya problematika masyarakat, fenomena alam dan tokoh-tokoh pembaruan pelukis sejarah.
Saat ini peranan jurnalis dalam kehidupan sangat besar pengaruhnya, baik dari segi positif maupun negatif. Hegemoni yang kuat selalu mengiringi sebuah jurnal atau berita yang ditulis oleh wartawan atau jurnalis. Oleh karena itu, idealis seorang jurnalis harus mengandung elemen yang mendukung bagaimana seharusnya tindak-tanduk wartawan dalam menjalankan keprofesionalannya.
Dari berbagai macam elemen yang harus dimiliki wartawan, ada beberapa elemen yang harus dipegang teguh seorang pewarta, yang pertama adalah kebanaran, yang ironisnya, paling membingungkan.
Kebenaran yang seperti apa? Bukankah kebenaran bisa dipandang dari kacamata berbeda-beda? Tiap-tiap agama, ideologi, atau filsafat punya dasar pemikiran tentang kebenaran yang belum tentu persis sama satu dengan yang lain. Sejarah pun sering direvisi. Kebenaran menurut siapa? Bagaimana dengan bias seorang wartawan? Tidakkah bias seorang wartawan, karena latar belakang sosial, pendidikan, kelompok etnik, atau agama bisa membuat wartawan menghasilkan penafsiran akan kebenaran yang berbeda-beda?
Tapi mengetahui mana yang benar saja tidak cukup, elemen tersebut harus diikuti dengan loyalitas si wartawan itu sendiri. Tapi pertanyaannya, kepada siapa wartawan harus menempatkan loyalitasnya? Pada perusahaannya? Pada pembacanya? Atau pada masyarakat? Pertanyaan itu penting karena sebuah survey menemukan separuh wartawan di Amerika menghabiskan setidaknya sepertiga waktu mereka buat urusan menejemen ketimbang jurnalisme. Ini memprihatinkan, karena wartawan punya tanggung jawab sosial yang tak jarang bisa melangkahi kepentingan perusahaan di mana mereka bekerja.
Buat Sahabat - sahabat Yang Ingin Mengikuti pelatihan Ini silahkan Download TOR Diklat Jurnalis Disini ato Klik Disini>>>
Share this Article on :

0 komentar:

Post a Comment